Insomnia pada Balita 5 Cara Menghindarinya

Insomnia pada Balita 5 Cara Menghindarinya

For You
23 Maret 2022

Insomnia ternyata salah satu jenis gangguan tidur yang dapat terjadi juga pada balita umur 3-5 tahun. Insomnia membuat waktu tidur balita berkurang secara signifikan. Secara umum, balita mempunyai siklus tidur normal yang disarankan sebanyak 10-13 jam per hari. Penderita insomnia merasakan kurang nyenyaknya kualitas tidur, atau benar–benar mesarasa kesulitan tidur, meskipun penderita sangat menginginkannya. Insomnia pada balita bisa terjadi satu higga dua malam, namun jika sudah memasuki tahap kronis, maka biasa terjadi selama dua minggu atau lebih. Hal ini dikhawatirkan membawa pengaruh negatif terhadap kesehatan balita. Ketika balita mengalami insomnia, tentu membuat balita cepat merasaan lelah, tidak berkontrasi, bahkan tantrum. Balita yang mengalami insomnia juga akan mengalami penurunan konsentrasi dan cepat lupa.

Dikutip dari laman Alodokter 2021, yang termasuk dalam penyebab insomnia pada balita adalah pola tidur yang tidak teratur, serta rasa takut terhadap sesuatu. Setiap penyebab serta efek dari insomnia pada anak, dapat dihindari dengan beberpa hal. Dibawah ini terangkum 5 cara menghindari insomnia pada balita:

  1. Buat rutinitas harian serta jadwal teratur untuk balita.

    Orang tua bisa membantu anak untuk membuat jadwal aktivitas sehari- hari. Atur jadwal tidur siang hanya secukupnya saja. Dikutip laman Halodoc 2018, durasi yang ideal untuk tidur siang balita adalah 1-2 jam saja. Jika lebih dari waktu tersebut, dikhawatirkan akan mengganggu jadwal tidur jam malam anak. Menurut Kompas Health 2016, jam tidur malam terbaik balita untuk tidur adalah pukul 19.30. Disiplin pada jadwal rutinitas anak adalah hal efektif sebagai cara menghindari insomnia pada balita.

  2. Hindari memberikan makan/minum yang mengandung kafein secara berlebihan pada balita.

    Hasil tinjauan pada laman Hallosehat 2021, Kafein adalah senyawa stimulan yang dapat mempengaruhi beberapa fungsi organ. Kafein mempunyai beberapa efek samping seperti insomnia, gelisah, dan detak jantung yang tidak normal. Kafein bisa didapatkan dari makanan seperti coklat, teh, serta kopi. Untuk balita, dosis harian kafein yang dapat ditoleransi adalah tidak lebih dari 50gr per hari.

  3. Bantu balita mengatasi ketakutan- ketakutan yang dihadapi.

    Terkadang insomnia terjadi karena otak menstimulasi balita untuk terus memikirkan sesuatu. Hal ini dapat terjadi jika anak merasa takut atau saat anak merasa tidak nyaman. Orang tua bisa melakukan pendekatan agar anak merasa terlindungi. Sebagai cara menghindari insomnia pada balita, orang tua dapat meluangkan waktu untuk mendampingi anak sebelum tidur hingga anak akhirnya terlelap.

  4. Buat ritual untuk menstimulasi rasa kantuk pada anak.

    Sebelum mengantar anak tidur pada kamarnya, orang tua dapat membantu otak anak untuk mengaktifkan rasa kantuknya. Ajak anak untuk mencuci muka, menggosok gigi, membasuh kaki dengan air hangat, serta ajak anak untuk menggunakan baju tidur. Hal- hal sederhana tersebut dapat memberikan pesan pada otak, “bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk tidur dan beristirahat”.

  5. Ciptakan suasana tidur yang nyaman.

    Tidak ada hal khusus untuk menentukan standar kenyamanan suasana kamar tidur anak. Sebagai cara menghindari insomnia pada balita, orang tua bisa membantu untuk membuat lebih nyaman kondisi ruang tidur. Letakkan barang kesayangan anak seperti boneka maupun action figure di dekat anak. Buat suasana lampu tidur anak redup dan tidak terlalu gelap. Hindari membawa barang yang dapat menstimulasi otak anak untuk kembali aktif, dan membuatnya sulit tidur. Orang tua juga bisa menyediakan bantal dan guling khusus anak- anak.

For You berkomitmen mendukung kualitas kenyamanan tidur untuk seluruh anak Indonesia. Kami menciptakan lini produk khusus balita umur 3 tahun keatas. “Kid Signature” series memudahkan banyak orang tua memberikan pilihan tepat sesuai kebutuhan anak. Kid Signature by For You direkomendasi memberikan kenyamanan maksimal dengan bahan 100% Microfiber dan balutan kain katun kualitas tinggi. Kelembutan, kenyamanan, menopang kepala dan leher dengan sempurna, serta teknologi hypoallergenic membuat kebutuhan anak terwakilkan. Kid Signature by For You melalui proses standar yang ketat, didesign khusus untuk meningkatkan kualitas tidur anak. Konsultasikan dengan expert For You untuk detail produk Kid Signature melalui hotline 0821-4298-2365.

share :