Yuk! Kenali jenis isian bantal

Yuk! Kenali jenis isian bantal

For You
13 April 2020

Mungkin kalian sering kebingungan ketika membeli bantal karena banyaknya pilihan isi bantal yang ditawarkan penjual. Ada dakron, silikon, microfiber, hollow conjugated silicone, dan lain sebagainya yang membuat kalian bertanya-tanya, "Apa sih bedanya? Terus kelebihan kekurangannya apa?" 

Oke, mari kita bahas satu-persatu.

Dakron

Menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi), arti dakron secara bahasa adalah nama niaga untuk serat tekstil poliester. Mengapa bisa begitu? Perlu kita ketahui satu poin penting bahwa dakron sebenarnya bukan nama sebuah material ataupun bahan, melainkan sebuah nama merk dagang serat poliester dari USA (dacron.com). Karena brand tersebut begitu terkenal di dunia, maka hampir semua orang menyebut serat poliester dengan istilah dakron. Sama halnya dengan merk AQUA, hampir semua orang menyebut air kemasan minum adalah AQUA padahal itu hanyalah salah satu dari sekian banyak nama merk dagang dari perusahaan saja. Kembali lagi ke istilah dakron, secara singkat yang dimaksud dakron adalah serat poliester. Serat poliester biasanya digunakan untuk isian bantal, guling, dan boneka.

Silikon / Hollow Conjugated Silicone (HCS)

Sebelum membahas bantal silikon / HCS mari kita bahas terlebih dahulu serat poliester. Bantal dengan isian silikon / HCS ini juga merupakan serat poliester. Pada mulanya serat poliester yang dihasilkan berupa Hollow Conjugated. Apa itu?

Hollow secara bahasa adalah berongga. Serat poliester yang dihasilkan berlubang dan berongga sehingga bisa memerangkap udara di dalamnya. Oleh karena itu bantal bisa mengembang.

Conjugate yaitu dipelintir sehingga serat poliester yang dihasilkan berbentuk spiral. Fungsinya untuk memberikan tambahan daya tahan serat sehingga tahan lama untuk menjaga struktur dan bentuk bantal.

Serat poliester yang berbentuk HC ini masih memiliki kekurangan, yaitu sifat dasar seratnya yang cenderung akan saling menempel dan menggumpal sehingga bantal yang dihasilkan tidak dapat mengembang secara sempurna. Untuk mengatasi kekurangan ini, ditambahkan silikon pada serat poliester tersebut dengan cara penyemprotan cairan silikon. Hasil dari penyemprotan ini menghasilkan serat poliester yang terbungkus silikon sehingga serat poliester tidak akan saling menempel dan menggumpal, lebih licin, dan lebih halus. Inilah yang disebut dengan bantal silikon, Hollow Conjugated Silicon, Hollow Conjugated Siliconized Polyester Fiber, dan macam-macam istilah pemasaran lainnya.

Microfiber

Sama seperti sebelumnya, microfiber juga merupakan bahan isian bantal dari serat poliester. Namun proses pembuatannya jauh lebih panjang dan rumit daripada HCS. Bantal dengan isi microfiber seringkali disebut sebagai tiruan bulu angsa karena strukturnya sangat lembut dan halus menyerupai bulu angsa. Di pasar juga sering disebut-sebut sebagai bulu angsa sintetis (Synthetic Goose Down). Kelebihan dari Synthetic Goose Down ini tidak akan menimbulkan alergi seperti bulu angsa yang sesungguhnya.


share :